Daftar Isi:
  • Fenomena sosial mengenai perempuan masih banyak dibicarakan di masyarakat. Perempuan seringkali diidentikkan dengan sifat feminim yang melekat, seperti lemah lembut. Perempuan juga banyak dikaitkan dengan peran domestik. Namun, kini sudah mulai banyak perempuan yang berkarir dan berada pada sektor domestik. Stereotipe tentang perempuan tersebut juga salah satunya dibangun oleh media melalui iklan. Iklan banyak menampilkan perempuan berada di sektor domestik dan erat dengan sifat feminim. Namun, sekarang mulai banyak bermunculan iklan yang menampilkan seorang perempuan sebagai perempuan karir yang berada pada sektor publik serta memiliki bersifat maskulin. Perempuan dalam iklan mulai banyak digambarkan memiliki sifat maskulin yaitu perempuan karir yang kuat, mandiri atau independen, dan dapat mengambil keputusan sendiri. Penelitian ini menggunakan metode semiotika Charles Sanders Pierce untuk melihat tanda berupa ikon, indeks, dan simbol dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah perempuan dalam iklan Olay – Berani di Segala Usia digambarkan sebagai perempuan yang memiliki karir, perempuan kuat, perempuan mandiri atau independen, dan perempuan yang dapat mengambil keputusan sendiri.