Pengaruh modernisasi sistem administrasi perpajakan terhadap tingkat kepatuhan pengusaha kena pajak pada lokasi Pusat bisnis dan perdagangan di kawasan Tanjung Perak Surabaya

Main Author: Tjendraputra, Haiwei
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/2463/1/Abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/2463/2/Bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/2463/3/Bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/2463/4/Bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/2463/5/Bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/2463/6/Bab%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/2463/7/Lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/2463/
Daftar Isi:
  • Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara yang digunakan untuk pembiayaan pemerintah dan pembangunan. Namun, dewasa ini banyak kasus terjadi dalam bidang perpajakan yang terkait dalam hal kepatuhan pembayaran pajak.Tidak hanya aparat- aparat negara yang bertindak untuk tidak patuh terhadap pembayaran pajak, bahkan wajib pajak pribadi juga tidak jarang untuk melakukan penghindaran pajak.Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kasus tersebut adalah melalui peningkatan kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modernisasi sistem administrasi perpajakan terhadap tingkat kepatuhan pengusaha kena pajak. Variabel independen yang diambil adalah modernisasi sistem administrasi perpajakan yang meliputi struktur organisasi,kualitas layanan,fasilitas layanan menggunakan teknologi informasi, dan kode etik.Responden penelitian ini adalah pengusaha kena pajak yang ada di kota Surabaya.Pengambilan sampel menggunakan metode snowball sampling.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda, dan data yang diperoleh diolah dengan menggunakan software statistik SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modernisasi struktur organisasi perpajakan dan modernisasi kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan pengusaha kena pajak di kota Surabaya. Sedangkan modernisasi fasilitas layanan menggunakan teknologi informasi dan modernisasi kode etik berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan pengusaha kena pajak di kota Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun telah terjadi pembaharuan terhadap struktur organisasi dan kualitas layanan dari kantor pajak tidak akan meningkatkan kepatuhan pengusaha kena pajak.