Penggambaran maskulinitas pada perempuan dalam iklan Go-Pay “Rumah Pevita Diserang Orang Gak Dikenal!”
Main Author: | Gunawan, Jose Andresen |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24403/1/ABSTRAK.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24403/2/BAB%20I.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24403/3/BAB%20II.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24403/4/BAB%20III.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24403/5/BAB%20IV.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24403/6/BAB%20V.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/24403/ |
Daftar Isi:
- Peneliti ingin melihat penggambaran maskulinitas pada perempuan dalam iklan Go-Pay “Rumah Pevita Diserang Orang Gak Dikenal!”. Video iklan yang diperankan oleh Pevita ini sangat menarik. Dimana video iklan ini menampilkan sosok perempuan yaitu Pevita, ditampilkan berbeda dengan apa yang digambarkan oleh media massa selama ini. Pevita ditampilkan dengan memiliki sifat maskulin yang biasanya dimiliki oleh laki-laki. Maskulinitas sendiri merupakan sebuah konstruksi sosial, maskulinitas juga merupakan suatu nilai yang berkembang dalam suatu budaya dan menjadi kedekatan hubungan dari sifat-sifat tertentu. Maskulinitas yang ada pada iklan ini berfokus pada kekuatan fisik yang dimiliki perempuan. Teknik pengumpulan data sendiri diambil dengan cara observasi dokumentasi berupa potongan scene yang berkaitan dengan rumusan masalah. Serta studi literatur untuk membantu peneliti merumuskan masalah. Sedangkan untuk metode peneliti menggunakan metode Charles Sanders Peirce yang menggunakan analisis triangle Peirce dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa maskulinitas pada perempuan terkhusus dari segi kekuatan fisiknya tidak dapat dilihat dari penampilan fisik, namun bisa dilihat dari kemampuannya melindungi diri dan sifat pemberani.