Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori yang mengatakan bahwa brand ambassador memberikan pengaruh kepada brand image. Tokopedia sebagai salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia sering menggunakan selebriti sebagai brand ambassador dalam program komunikasinya. Salah satu selebriti yang digandeng Tokopedia untuk menjadi brand ambassador adalah BTS. BTS sendiri merupakan salah satu boygroup yang berasal dari Korea yang kerap digandeng oleh berbagai brand untuk menjadi brand ambassador nya. Brand ambassador sendiri dilinai berdasarkan empat indikator yaitu visibility, credibility, attractiveness, dan power. Sedangkan brand image dinilai berdasarkan tiga indikator yaitu strength of brand associations, favorability of brand associations, dan uniqueness of brand associations. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survey yang nantinya pernyataan responden diukur dengan skala likert. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan BTS sebagai brand ambassador terhadap brand image Tokopedia pada masyarakat Surabaya. Dari hasil penelitian ini juga ditemukan apa bahwa apabila brand ambassador mendapat penilaian yang tinggi, maka penilaian terhadap brand image Tokopedia juga akan positif.