Daftar Isi:
  • Event Jatim Fair merupakan salah satu jenis event bisnis atau event marketting, dimana event marketting merupakan acara promosi yang memiliki tujuan utama, yaitu merebut perhatian dan mempengaruhi publik yang menjadi sasaran atau target. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menguji sebuah teori yang menyatakan bahwa sebuah event dapat digunakan untuk meningkatkan brand loyalty pengguna e-commerce Tokopedia. Didapati dengan melihat bagaimana event Jatim Fair ingin memperluas koneksitas, mengingat adanya trasformasi digital dan menjalankan segala rangkaian acara maupun penjualan secara virtual kepada calon konsumen, khususnya pada pengguna Tokopedia. Brand loyalty atau yang bisa dikenal dengan loyalitas merek ini juga merupakan suatu ukuran ketertarikan pelanggan kepada sebuah merek. Indikator keberhasilan event terdiri dari lokasi, kompetisi, hiburan dan biaya. Sedangkan brand loyalty menggunakan indikator switcher, habitual buyer, satisfied buyer, liking of the brand, dan commited buyer. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan survey dan pernyataan responden dengan skala likert. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh signifikan event Jatim Fair terhadap brand loyalty pengguna e-commerce Tokopedia. Di lain sisi, Event Jatim Fair dapat dinilai berhasil oleh para responden dan untuk Brand loyalty sendiri mendapat hasil yang tinggi.