Daftar Isi:
  • Penelitian ini berfokus pada preferensi perempuan Indonesia dalam mencari informasi mengenati produk kosmetika melalui media sosial. Penelitian ini berdasarkan pada adanya kebutuhan perempuan terkait produk kosmetika dilihat dari jumlah meningkatnya belanja online dalam bidang kecantikan, serta jumlah kosmetik ilegal yang beredar di Indonesia. Teori yang digunakan adalah teori uses and gratification dengan asumsi bahwa audiens berperan aktif dalam memilih media atau adanya selektifitas atas media yang digunakan. Selektifitas berkaitan dengan preferensi media. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hasilnya adalah jenis informasi terkait produk kosmetika yang sering dicari adalah produk skincare untuk membersihkan dan menyegarkan kulit. Jenis media sosial social network dengan pilihan aplikasi terbanyak adalah Instagram, diikuti aplikasi kedua terbanyak adalah Youtube, dan Facebook diurutan ketiga untuk mengakses informasi terkait produk kecantikan. Kemudian jenis media sosial online communities and forum yang banyak digunakan untuk mengakses informasi produk kosmetika adalah Whatsapp dan Line. Sedangkan, jenis media sosial blogs yang paling sering digunakan terkait mengkases informasi terkait produk kosmetika adalah blogspot.com dan kompasiana.com.