Pengaruh pola asuh demokratis dan rasa percaya diri siswa terhadap penerimaan sosial teman sebaya
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola asuh demokratis dan rasa percaya diri siswa terhadap penerimaan social teman sebaya. Populasi siswa Santo Yusuf Madiun kelas IX A dan IX B tahun 2020/2021 dalam penelitian ini adalah 60 siswa. Teknik sampling yang digunakan penulis adalah Cluster Sampling. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu Pola Asuh Demokratis dan Rasa Percaya Diri Siswa, Penerimaan Sosial Teman Sebaya. Dalam penelitian ini penulis mengajukan 3 hipotesis yaitu:1) Hipotesis minor pertama yang berbunyi: pola asuh demokratis (X1) berpengaruh terhadap penerimaan sosial teman sebaya (Y) ditolak. 2) Hipotesis minor kedua yang berbunyi: , rasa percaya diri siswa (X2) berpengaruh terhadap penerimaan sosial teman sebaya (Y) diterima.3) Hipotesis mayor berbunyi: pola asuh demokratis (X1) dan rasa percaya diri siswa (X2) berpengaruh terhadap penerimaan sosial teman sebaya (Y) diterima. Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Dari Hasil analisis persamaan garis regresi Y=55.170 + 0.355 + 0.177. Hasil uji hipotesis selanjutnya menunjukkan bahwa: 1) pola asuh demokratis berpengaruh signifikan terhadap penerimaan sosial teman sebaya ditolak, terbukti t hit= 0,348 < t tabe l= 1,671, 2) rasa percaya diri siswa berpengaruh signifikan terhadap penerimaan sosial teman sebaya diterima, terbukti t hit= 6,416 > t tabel=1,671, 3) pola asuh demokratis dan rasa percaya diri siswa berpengaruh signifikan terhadap penerimaan sosial teman sebaya, terbukti F hit= 32,339 >F tabel=3,156. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) hipotesis minor pertama ditolak. 2) hipotesis minor kedua diterima 3) hipotesis mayor diterima.