Daftar Isi:
  • Interferensi Young merupakan topik fisika yang menarik, namun sulit dipahami. Peralatan yang diperlukan untuk melakukan eksperimen interferensi Young di laboratorium sekolah menengah sulit ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program simulasi berbasis komputer tentang eksperimen interferensi young untuk mengatasi kendala ketiadaan peralatan pendukung yang menghalangi siswa melaksanakan eksperimen nyata di sekolah. Program simulasi eksperimen akan membantu siswa melakukan eksperimen secara virtual sehingga mereka seolah-olah sedang melakukan eksperimen nyata, mengambil data, dan mengolah data yang diperoleh. Untuk mencapai tujuan terebut Macromedia Flash dipilih sebagai software untuk mengembangkan program simulasi. Untuk meniru proses pengambilan data dalam eksperimen nyata, program simulasi eksperimen ini dirancang untuk menggunakan besaran-besaran fisis yang biasa diperoleh dalam eksperimen nyata sebagai variabel-variabel yang diinputkan oleh pengguna. Hasil simulasi dari input yang diberikan dihitung oleh program (action script) dengan mengacu pada rata-rata hasil eksperimen nyata untuk input yang sama. Untuk mengakomodasi ketidakpastian yang selalu muncul pada pengukuran dalam eksperimen nyata, faktor random yang disediakan oleh bahasa pemrograman (actionscript 2) digunakan untuk menghasilkan fluktuasi sebesar ketidak pastian dalam eksperimen nyata di sekitar nilai yang seharusnya. Program simulasi eksperimen yang dikembangkan telah lulus uji ahli dalam hal materi fisika, tampilan media pembelajaran dan prosedur eksperimen. Program ini juga telah diujicobakan pada 36 siswa SMA (pengguna). 95 % dari pengguna menyatakan bahwa program simulasi ini menarik, dilengkapi dengan petunjuk yang jelas bagaimana melakukan eksperimen simulasi, dan membantu mereka memahami eksperimen interferensi young.