Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan alat-alat optik di SMPK St. Stanislaus I Surabaya
Main Author: | Sabaggalet, Ferlinda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/23541/1/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/23541/2/BAB%20I.pdf http://repository.wima.ac.id/23541/3/BAB%20II.pdf http://repository.wima.ac.id/23541/4/BAB%20III.pdf http://repository.wima.ac.id/23541/5/BAB%20IV.pdf http://repository.wima.ac.id/23541/6/BAB%20V.pdf http://repository.wima.ac.id/23541/7/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/23541/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implement-Evaluation). Selain LKPD, penulis juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE) yang berfungsi untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. RPP, LKPD, dan RE divalidasi oleh ahli sebelum diuji cobakan. Hasil validasi RPP memperoleh skor 3,37 dengan kategori ”valid”, LKPD memperoleh skor 3,22 dengan kategori “valid” dan Rencana Evaluasi memperoleh skor 3,33 dengan kategori “valid”. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 3,03 dengan Kategori “baik”. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,59 dengan kategori “sedang” dan hasil respon peserta didik yang didapatkan 3,73 dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan penulis pada pokok bahasan alat-alat optik dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMPK St. Stanislaus Surabaya.