Pengembangan Lembar Kerja Peserta Disik (LKPD) pokok bahasan impuls dan momentum model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa fisika UKWMS dalam pengajaran secara daring

Main Author: Sababalat, Firena Frima Nirmala
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/23528/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.wima.ac.id/23528/2/BAB%20I.pdf
http://repository.wima.ac.id/23528/3/BAB%20II.pdf
http://repository.wima.ac.id/23528/4/BAB%20III.pdf
http://repository.wima.ac.id/23528/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.wima.ac.id/23528/6/BAB%20V.pdf
http://repository.wima.ac.id/23528/7/LAMPIRAN.pdf
http://repository.wima.ac.id/23528/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis dengan Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan hasil peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implement-Evaluation). Untuk mendukung proses pembelajaran, selain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrument pembelajaran lainnya termasuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE) juga dikembangkan. Instrument divalidasi oleh para ahli sebelum di implementasikan dalam proses pembelajaran yang sebenarnya. Menurut validasi ahli, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Rencana Evaluasi dikategorikan “sangat valid” dengan skor masing-masing 3,66, dan 3,44 sedangkan Lembar Kerja Peserta Didik dikategorikan sebagai “valid” dengan skor 3,38. Pengujian lapangan dilakukan di Dapartemen Pendidikan Fisika, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Siswa Dapartemen Pendidikan Fisika berpartisipasi dalam pengujian lapangan secara daring. Peserta didik melakukan pre-test dan post-test online diawal dan diakhir proses pembelajaran. Berdasarkan pengujian lapangan, skor implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah 0,95 (dari 1,00), yang dapat dikategorikan sebagai “sangat baik”. Rata-rata skor N-gain adalah 0,60 dan dapat dikategorikan sebagai peningkatan “sedang”. LKPD yang telah di buat memperoleh respon peserta didik dengan skor 3,56 dengan kategori “sangat positif”. Secara keseluruhan, Lembar Kerja Peserta Didik model Inkuiri Terbimbing telah dikembangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan melibatkan respon positif pesrta didik. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang telah dibuat layak digunakan.