Penerapan Think-Pair-Share (TPS) berbantuan demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan kalor di kelas X-1 SMS IPIEM Surabaya

Main Author: Anivyana, Sajjydah Reshadelin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/2330/1/Abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/2330/2/Bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/2330/3/Bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/2330/4/Bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/2330/5/Bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/2330/6/Bab%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/2330/7/Lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/2330/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi awal di SMA IPIEM Surabaya ditemukan bahwa aktivitas dan hasil belajar Fisika kelas X-1 masih rendah. Nilai rata– rata ulangan fisika adalah 55,83 dengan prosentase ketuntasan 30,56%, sedangkan prosentase keaktifan adalah 33,33%. Guru telah mencoba berbagai metode pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan materi, namun masih banyak siswa yang belum mencapai SKM. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA IPIEM Surabaya. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share berbantuan demosntrasi dalam rangka penelitian tindakan kelas. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas adalah tingkat ketuntasan siswa yang mencapai SKM diharapkan tidak kurang dari 85% dengan rata-rata kelas 75 dan tingkat keaktifan siswa 75%. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think-Pair-Share berbantuan demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Didapatkan prosentase ketuntasan belajar siswa pada Siklus I 61,11% dan meningkat pada Siklus II 88,89%. Prosentase rata-rata keaktifan siswa pada Siklus I 63,89% dan meningkat pada Siklus II 80,56%