Studi kasus penerapan permainan ular tangga dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di TKK Santa Theresia Surabaya
Daftar Isi:
- Penelitian ini dimulai dari permasalahan dimana belum optimalnya mengembangkan kognitif anak karena proses pembelajaran yang berlangsung lebih dirahkan pada pola pembelajaran monoton, terkadang guru cederug menggunakan pembelajaran klasikal. Pada hal seharusnya guru dalam mengajar lebih banyak memberikan pembelajaran dengan diselingi kegiatan bermain, karena bermain merupakan tempat atau wahana penting bagi anak untuk mengembangkan segala potensinya. Dengan tujuan untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 Tahun pada tahapan pra-oprsional, dengan indikator yaitu perkembangan kognitif anak dalam menggunakan simbol, mengelompokkan benda, memahami angka. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif deskriptif dimana penieliti ingin mendeskripsikan hasil penelitian tentang studi kasus penerapan permainan ular tangga dalam mengembangkan kognitif anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan permainan ular tangga dalam mengembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TKK Santa Theresia Surabaya?”, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan ular tangga dalam mengembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TKK Santa Theresia Surabaya. Penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 13 anak. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dianalisis secara reduksi data, display data dan verifikasi/ penarikan, kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penulis dapat menyimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak berkembang lebih optimal jika guru lebih memaksimalkan penerapan pada permainan ular tangga yang didasari langkah- langkah serta indikator pencapaian yang sesuai dengan perkembangan anak usia 5-6 tahun. Perkembangan kognitif anak melalui penerapan permainan ular tangga di TKK Santa Theresia Surabaya boleh dikatakan baik dengan melihat data perkembangan kognitif anak yaitu (MB) anak yang mulai berkembang (MB), (BSH) berkembang sesuai harapan dan (BSB) berkembang sangat baik.