Hubungan pola asuh orangtua dengan kemampuan sosialisasi anak usia prasekolah
Daftar Isi:
- Kemampuan sosialisasi merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki anak ketika memasuki usia sekolah. Yang pada umumnya anak masuk sekolah dengan rasa takut, cemas, menangis dan selalu ingin dekat dengan orangtua. Faktor yang memengaruhi dalam kemampuan sosialisasi pada anak yaitu dari pola asuh orangtua.Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orangtua dengan kemampuan sosialisasi anak usia prasekolah. Desain penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini orangtua (ibu) dengan yang mengasuh anaknya sendiri dengan anak usia prasekolah di TK Tunas Harapan Kecamatan Tambaksari Kelurahan Pacarkembang Surabaya. Semua populasi diambil sampel sebanyak 65 orang. Dengan Total sampling. Instrumen pola asuh orangtua dan kemampuan sosialisasi menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Uji hipotesis menggunakan statistik Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan nilai p-value=0,015<α0,05 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan kemampuan sosialisasi pada anak usia prasekolah dengan koefisien korelasi 0,300 yang berarti kekuatan korelasi rendah menunjukkan kekuatan hubungan yang berarti bahwa semakin tinggi pola asuh orangtua yang diberikan maka semakin baik kemampuan sosialisasi anak. Pola asuh orangtua memiliki sikap orangtua dalam berinteraksi dengan anak- anaknya. Sikap yang biasanya dilakukan oleh orangtua antara lain adalah mendidik, membimbing, dan mengajarkan nilai-nilai yang sesuai dengan norma-norma yang biasanya dilakukan di masyarakat.