Pengaruh kinerja lingkungan dan pengungkapan lingkungan terhadap kinerja perusahaan
Main Author: | Sianna, Novia Felly |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/22752/23/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/22752/2/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/22752/3/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/22752/4/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/22752/5/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/22752/6/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/22752/7/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/22752/ |
Daftar Isi:
- Semakin meningkatnya sektor industri di Indonesia, semakin meningkat pula daya saing antar perusahaan serta meningkatnya dampak yang akan ditimbulkan terhadap lingkungan sekitar, baik dampak negatif maupun dampak positif. Semakin meningkatnya persaingan, akan menuntut perusahaan untuk berlomba-lomba melakukan yang terbaik demi perusahaannya, salah satu yang dilakukan ialah bersaing dalam meningkatkan kinerja perusahan. Karena kinerja perusahaan merupakan tolak ukur yang digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu organisasi. Melakukan inovasi dan kreatifitas dalam memproduksi barang merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan, karena dengan adanya produk baru ini diharapkan masyarakat akan menyukai dan akan selalu membeli, yang kedepannya secara otomatis penjualan dan laba akan meningkat. Hal yang tidak mungkin jauh dalam proses produksi barang suatu perusahaan sektor industri ini ialah bahan kimia. Dampak negatif yang ditimbulkan ialah polusi yang dapat mencemari bahkan yang lebih parahnya dapat merusak lingkungan sekitar. Setelah pemerintah mengeluarkan Undang-Undang mengenai tanggungjawab lingkungan yang wajib dilakukan oleh perusahaan, kini semakin banyak perusahaan yang berlomba-lomba melakukan tanggungjawab lingkungan guna menaikkan nama baik perusahaan dimata investor maupun masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja lingkungan dan pengungkapan lingkungan terhadap kinerja perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2014-2018. Sampel yang dipilih dengan metode purposive sampling diperoleh 52 perusahaan dengan total perusahaan yang memenuhi kriteria sebanyak 20 perusahaan dan 5 tahun periode penelitian.