Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh media exposure, ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan emisi karbon di perusahaan Indonesia. Untuk mengukur sejauh mana pengungkapan emisi karbon digunakan checklist yang dikembangkan berdasarkan lembar permintaan informasi yang diberikan oleh proyek pengungkapan emisi karbon (CDP). Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 3 tahun yakni dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018. Sedangkan sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 34 perusahaan sampel. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder berupa data panel yang diperoleh dari www.idx.co.id Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media exposure berpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan emisi karbon, ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap pengungkapan emisi karbon, profitabilitas tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap pengungkapan emisi karbon dan leverage berpengaruh signifikan dan negatif terhadap pengungkapan emisi karbon.