Fungsi dan peran sekretaris di Meratus Grup
Main Author: | Susilo, Catherine Felina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/21960/9/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/21960/3/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/21960/4/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/21960/5/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/21960/6/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/21960/7/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/21960/8/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/21960/ |
Daftar Isi:
- Sekretaris memiliki peran yang cukup penting dalam suatu perusahaan karena tugasnya untuk membantu pimpinan dalam berbagai aspek. Di PT Meratus Line, hampir semua divisi memiliki sekretaris. Selain tugas-tugas utama, terdapat tugas wajib yang dilakukan oleh sekretaris secara rutin dalam pekerjaannya seperti meminta persetujuan-persetujuan dari pimpinan divisi lain yang perlu untuk disetujui oleh direksi. Ada juga tugas-tugas insidental yang dilakukan oleh sekretaris direksi sebagai bagian dari tujuan pekerjaan, seperti membantu direksi maupun keluarganya dalam hal yang bersifat lebih pribadi dan menemani tamutamu VIP yang datang karena diundang untuk kegiatan khusus oleh perusahaan. Sekretaris mempertanggungjawabkan tugasnya langsung kepada pimpinan. Dalam merencanakan pekerjaan, sekretaris melakukannya secara harian, mingguan, dan bulanan. Perencanaan kerja tersebut dimasukkan ke dalam aplikasi Outlook Calendar yang bisa langsung terhubung dengan telepon genggam sekretaris dan pimpinan. Sekretaris memiliki peran yang berporos pada kedudukan atau statusnya dalam suatu organisasi. Terdapat dua kegiatan utama sekretaris yaitu kegiatan yang langsung berhubungan dengan usaha untuk mencapai tujuan organisasi dan kegiatan yang mendukung perusahaan untuk mencapai tujuannya. Seorang sekretaris yang memiliki sikap profesional tentu menyadari bahwa tugas dan tanggung jawabnya baik yang secara rutin maupun tidak, harus dilaksanakan dengan cermat, teliti, dan rapi. Seorang sekretaris juga harus bisa membangun hubungan kerja yang baik terhadap semua karyawan. Hubungan kerja yang baik ini, dapat menciptakan komunikasi yang baik dan bisa membantu perusahaan dalam mencapai tujuan. Selain itu, sekretaris diharapkan memiliki pengetahuan yang baik terhadap perkembangan teknologi dan informasi, serta menguasai bahasa asing baik secara aktif maupun pasif. Sekretaris dapat mengembangkan kompetensi dengan terus belajar terhadap hal-hal baru untuk menambah wawasan dan pengetahuan.