Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat perusahaan berlomba-lomba untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya. Sumber daya manusia merupakan faktor utama dalam sebuah perusahaan maupun organisasi. Pengadaan sumber daya manusia bisa melalui proses rekrutmen. Rekrutmen adalah sebuah proses pencarian calon karyawan dengan kualifikasi yang telah ditentukan. Setiap perusahaan memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan calon karyawan yang dibutuhkan. Hal tersebut menyebabkan proses atau tahap dalam rekrutmen di setiap perusahaan juga berbeda-beda. Kegiatan perekrutan karyawan di Java Paragon Hotel & Residences Surabaya diawali dengan membuat iklan lowongan kerja untuk disebarkan melalui melalui internet. Pihak manajemen kemudian akan melakukan seleksi administrasi terhadap para pelamar yang menanggapi iklan lowongan kerja tersebut. Dokumen yang dibutuhkan untuk melamar kerja adalah surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup, ijazah, foto dan id card. Fungsi dari dokumen tersebut adalah sebagai sumber informasi dan bahan pertimbangan. Pelamar yang lolos dalam seleksi administrasi akan melanjutkan ke tahap wawancara. Wawancara dilakukan untuk mengetahui gambaran karakter dan kemampuan yang dimiliki pelamar. Untuk posisi di bagian back office terdapat satu tahap yang harus dilalui yaitu tes psikologi. Tahap terakhir yang dilalui pelamar sebelum menandatangani kontrak kerja adalah negosiasi gaji. Alur tersebut harus dilakukan secara bertahap agar proses rekrutmen berjalan dengan lancar sesuai dengan target dan mendapatkan calon karyawan yang berkompeten di bidangnya.