Pengaruh pembelajaran organisasi terhadap kinerja organisasi dengan pengembangan kompetensi, inovasi organisasi, dan inovasi teknologi sebagai variabel intervening (Studi empiris pada perusahaan digital Startup di Indonesia)

Main Author: Tambunan, Sihar Tigor Benjamin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/21708/58/ABSTRAK.pdf
http://repository.wima.ac.id/21708/2/BAB%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/21708/43/BAB%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/21708/7/BAB%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/21708/4/BAB%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/21708/44/BAB%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/21708/45/BAB%206.pdf
http://repository.wima.ac.id/21708/6/LAMPIRAN.pdf
http://repository.wima.ac.id/21708/
Daftar Isi:
  • Karakteristik perusahaan digital startup di Indonesia terindikasi dipengaruhi perkembangan teknologi digital dalam Industri 4.0. Studi pendahuluan menunjukkan perusahaan digital startup di Indonesia menerapkan pembelajaran organisasi, pengembangan kompetensi digital, inovasi organisasi, dan inovasi teknologi digital yang diduga mempengaruhi kinerja organisasi yang bersifat non-finansial dan subyektif. Analisis Pemodelan Persamaan Struktural diterapkan terhadap para founder/ co-founder/ C-level manajer dari 140 digital startup dari berbagai sektor dan wilayah di Indonesia untuk menguji keterkaitan antar berbagai aspek organisasi tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran organisasi mempengaruhi pengembangan kompetensi secara signifikan namun tidak mempengaruhi inovasi organisasi. Pengembangan kompetensi mempengaruhi inovasi organisasi dan inovasi teknologi secara signifikan, dan selanjutnya masing-masing inovasi tersebut mempengaruhi kinerja organisasi secara signifikan, seluruhnya dalam konteks digital startup di Indonesia. Penelitian ini sekaligus membuktikan perusahaan digital startup di Indonesia adalah organisasi pembelajar yang menerapkan inovasi-inovasi berbasis kompetensi.