Analisis dan perancangan sistem penjualan terkomputerisasi pada perusahaan manufaktur suku cadang alat berat (Studi kasus CV Anugerah Teknindo Abadi)

Main Author: Astika, Manuela Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/20821/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.wima.ac.id/20821/21/BAB%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/20821/4/BAB%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/20821/5/BAB%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/20821/6/BAB%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/20821/27/BAB%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/20821/8/LAMPIRAN.pdf
http://repository.wima.ac.id/20821/
Daftar Isi:
  • Penerapan sistem komputerisasi memberi kemudahan pada perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya, dengan adanya sistem komputerisasi dapat memberikan informasi secara cepat, tepat waktu dan akurat. Siklus penjualan merupakan salah satu siklus utama dalam perusahaan. Dalam penelitian ini akan membahas siklus penjualan pada CV Anugerah Teknindo Abadi. Perusahaan ini merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pembuatan, perawatan dan perbaikan suku cadang alat berat maupun mesin industry seperti flexible stainless for chemical and manifold, slang industri, mur, baut, double neple / kombinasi verlope, hose, fitting, elbow, flange kotak / bulat, air cylinder, hydrolic, mesin press, mesin cutting, cursher stone, dan lainnya sesuai dengan pesanan pelanggan. Permasalahan yang ada pada CV Anugerah Teknindo Abadi adalah tidak adanya sistem pengingat jatuh tempo, dokumen mengenai Surat Perintah Kerja (SPK) dalam perusahaan yang diisi secara tidak konsisten, tidak adanya kartu piutang dan tidak adanya batas kredit pelanggan. Dengan adanya sistem komputerisasi pada perusahaan, diharapkan akan membantu permasalahan yang ada. Tujuan dari pembuatannya penelitian ini dapat membantu perusahaan dalam proses bisnisnya terutama dalam siklus penjualan yang ada pada CV Anugerah Teknindo Abadi dengan cara analisis dan merancang sistem siklus penjualan terkomputerisasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari pihak internal CV Anugerah Teknindo Abadi melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Solusi yang diberikan peneliti yaitu, dengan menggunakan sistem komputerisasi di CV Anugerah Teknindo Abadi dan mengadakan pelatihan bagi pengguna terkait yang akan menggunakan sistem penjualan ini, melakukan penambahan dokumen dan memperbaiki prosedur sistem penjualan baru pada CV Anugerah Teknindo Abadi.