Daftar Isi:
  • Perkembangan internet di era saat ini sangat pesat dan internet sudah harus dipahami oleh generasi muda, ini menjadi salah satu faktor pendukung berkembangnya e-commerce. Banyaknya e-commerce memunculkan berbagai persaingan untuk membuat konsumen mereka tetap loyal, sehingga e-commerce harus memperhatikan berbagai elemen yang bisa membuat konsumen puas dan loyal, mulai dari website design yang menarik hingga jaminan keamanan konsumen pada saat melakukan transaksi. Salah satu toko online yang terkenal adalah Urban Icon, dimana Urban Icon sudah memiliki banyak gerai offline yang tersebar di seluruh Indonesia dan juga memiliki toko online. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh website design dan security terhadap e-customer loyalty melalui e-customer satisfaction pada pengunjung website Urban Icon di Surabaya.Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah non probability sampling dengan cara purposive sampling. Sampel yang digunakan sebesar 150 responden yaitu pengunjung website Urban Icon di Surabaya. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equations Modeling dengan menggunakan program LISREL. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa website design berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer satisfaction, security berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer satisfaction, e-customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer loyalty, website design berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer loyalty melalui e-customer satisfaction, security berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer loyalty melalui ecustomer satisfaction