Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori yang mengatakan bahwa brand ambassador memberikan pengaruh kepada brand image. Bukalapak sebagai salah satu e-commerce di Indonesia yang menggunakan selebriti sebagai brand ambassador dalam program komunikasinya. Salah selebriti yang digandeng Bukalapak untuk menjadi brand ambassador adalah Dian Sastro. Dian Sastro sendiri merupakan salah satu selebriti di Indonesia yang kerap digandeng oleh berbagai brand untuk menjadi brand ambassador nya. Brand ambassador sendiri dilinai berdasarkan empat indikator yaitu visibility, credibility, attractiveness, dan power. Sedangkan brand image dinilai berdasarkan tiga indikator yaitu strength of brand associations, favorability of brand associations, dan uniqueness of brand associations. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survey yang nantinya pernyataan responden diukur dengan skala likert. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan Dian Sastro sebagai brand ambassador terhadap brand image Bukalapak pada masyarakat Surabaya. Dari hasil penelitian ini juga ditemukan apa bahwa apabila brand ambassador mendapat penilaian yang tinggi, maka penilaian terhadap brand image Bukalapak juga akan positif.