Flipped Classroom Learning Method To Improve Caring And Learning Outcome In First Year Nursing Student

Main Authors: Sari, Ni Putu Wulan Purnama, Parut, Anselmus Aristo, Kusnanto, .
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: AIPNI , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/20283/1/13.%20Flipped_classroom_learning_.pdf
http://repository.wima.ac.id/20283/
https://injec.aipni-ainec.org/index.php/INJEC/article/view/136
http://dx.doi.org/10.24990/injec.v2i1.136
Daftar Isi:
  • Pendahuluan: Caring adalah esensi dari profesi keperawatan. Stimulasi sikap caring perlu dimulai sejak dini. Metode pembelajaran yang efektif diperlukan untuk menumbuhkan sikap caring pada mahasiswa baru dan menunjang capaian belajar. Tujuan penelitian menganalisis pengaruh penerapan metode pembelajaran flipped classroom terhadap sikap caring dan capaian belajar mahasiswa perawat baru. Metode: Jenis penelitian pra-eksperimental dengan pendekatan the one group pretest post-test dan posttest only design. Populasi adalah semua mahasiswa baru pada institusi keperawatan di Surabaya. Kriteria inklusi: perempuan, 18-21 tahun, masuk jurusan keperawatan atas kemauan sendiri dan pilihan pertama saat proses seleksi, status kemahasiswaannya aktif pada semester genap T.A. 2015/2016. Besar sampel 67 orang dipilih dengan total sampling. Variabel: 1) independen: penerapan metode pembelajaran fl ipped classroom; 2) dependen: sikap caring, capaian belajar. Instrumen: SAP, DVD bahan ajar, deskripsi tugas mahasiswa, daftar presensi, rubrik penilaian tugas, kuesioner sikap caring, tugas individu dan kelompok. Analisis data: paired t test dan one sample t test. Uji etik dilakukan untuk mendapatkan ethical clearance. Hasil: Mayoritas responden berusia 20 tahun (44,8%), lulus dari SMA di wilayah Surabaya (38,8%), tinggal dengan orangtuanya (68,7%) di rumah sendiri (64,2%). Semua data penelitian berdistribusi normal. Metode pembelajaran fl ipped classroom dapat meningkatkan sikap caring sebesar 4,13%. Flipped classroom terbukti efektif untuk meningkatkan sikap caring (p=0,021) dan capaian belajar (p=0,000). Diskusi: Flipped classroom efektif untuk meningkatkan sikap caring dan capaian belajar mahasiswa perawat baru. Direkomendasikan untuk melakukan penelitian lanjutan menggunakan paradigma mix-method dan sampel yang lebih besar.