Perencanaan produksi dan analisa kelayakan usaha "O-Pear" dengan kapasitas produksi 25 l per hari
Daftar Isi:
- Sari buah O-Pear merupakan produk inovasi minuman yang memiliki tampilan double layer yang terdiri dari kombinasi dua buah yaitu pir dan jeruk. Produk ini memiliki rasa buah pir dan jeruk yang fresh, manis, dan warna yang menarik. Tujuan dari pembuatan produk sari buah O-Pear adalah menggabungkan dua varian buah yang disukai konsumen dalam satu kemasan. Sari buah O-Pear memiliki beberapa keunggulan yaitu kemasan yang praktis untuk dikonsumsi, kadar buah asli yang lebih tinggi dari produk di pasaran, dan harga yang ekonomis. Pabrik sari buah O-Pear didirikan di jalan Kapasari nomor 102, Surabaya. Jumlah kapasitas produksi adalah 25 L yang dikemas dalam 100 botol PET berukuran 250 mL. Harga jual produk O-Pear sebesar Rp. 18.500 per botol. Berdasarkan analisa faktor teknis dan ekonomi dapat disimpulkan bahwa pabrik ini layak untuk didirikan dengan laju pengembalian modal setelah pajak (ROR) sebesar 226,40% yang lebih besar dari MARR (Minimum Attractive Rate of Return) sebesar 17,62%. Titik impas (Break Even Point) sebesar 40,27% dan waktu pengembalian modal setelah pajak adalah 6 bulan.