Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan berbelanja di Minimarket A dan Minimarket B kota Surabaya
Main Author: | Arswendi, Dwi |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of Engineering
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/19066/1/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/19066/2/BAB%20I.pdf http://repository.wima.ac.id/19066/3/BAB%20II.pdf http://repository.wima.ac.id/19066/4/BAB%20III.pdf http://repository.wima.ac.id/19066/5/BAB%20IV.pdf http://repository.wima.ac.id/19066/6/BAB%20V.pdf http://repository.wima.ac.id/19066/7/BAB%20VI.pdf http://repository.wima.ac.id/19066/8/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/19066/ |
Daftar Isi:
- Banyaknya keinginan dan kebutuhan masyarakat membuat usaha retail sangat dibutuhkan. Salah satu contoh retail adalah seperti minimarket A dan minimarket B. Strategi bisnis yang tidak jauh berbeda, kedua minimarket bersaing sengit dalam menarik minat konsumen. Beberapa faktor mempengaruhi keputusan konsumen berbelanja yaitu pelayanan dan bauran pemasaran yang terbagi 4P (produk, harga, promosi, dan lokasi). Dengan analisis faktor khususnya konfirmatory, kelima faktor yaitu pelayanan, produk, harga, promosi, dan lokasi pada minimarket A ataupun B berpengaruh terhadap keputusan seseorang berbelanja. Faktor minimarket A yang paling signifikan adalah faktor pelayanan, sedangkan pada faktor minimarket B yang paling signifikan adalah faktor harga. Hasil analisis cluster menunjukkan cluster 1 sebagai golongan pegawai/karyawan swasta yang berpenghasilan tinggi dengan tingkat belanja tinggi, cluster 2 sebagai golongan pelajar/mahasiswa yang belum berpenghasilan dengan tingkat belanja sedang, cluster 3 sebagai gologan wirausaha/wiraswasta yang penghasilan cukup tinggi dengan tingkat belanja sedang. Alasan utama berbelanja di minimarket A dan minimarket B adalah sama-sama karena lokasi mudah untuk diakses. Namun alasan yang membedakan berbelanja di minimarket A dan minimarket B adalah terletak pada urutan ke 3 dan 5 yaitu pada alasan produk lengkap dan harga lebih murah.