Daftar Isi:
  • Persaingan yang semakin ketat di tengah pasar bebas saat ini, mendorong perusahaan untuk dapat memasarkan suatu produk yang lebih mempunyai nilai tambah dibandingkan dengan banyaknya produk kompetitor lainnya. Salah satu produk yang selalu berkembang untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen adalah sepatu. Sangat penting untuk merencanakan aktivitas pemasaran yang baik melihat bagaimana ketatnya persaingan pangsa pasar laptop di Indonesia. Perusahaan harus mampu mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemilihan responden terhadap produk tersebut sehingga produk tersebut masih menjadi pilihan konsumen dalam membeli sepatu merk tersebut. Dengan menggunakan analisa faktor terdapat empat faktor yang berpengaruh terhadap pembelian sepatu merk X dan merk Y di Kota Surabaya, yaitu faktor daya tarik kualitas sepatu, faktor penawaran suatu produk, faktor keputusan pembelian produk, faktor pengaruh pembelian produk. Kata Kunci: Analisa Faktor, kebiasaan membeli 1 merk sepatu, membeli karena terpengaruh teman, kepercayaan terhadap produk.