Analisis dan perancangan standar operasional prosedur atas Siklus penjualan kamar dalam rangka meningkatkan pengendalian internal (studi kasus pada hotel)

Main Author: Setiawati, Nyoman Sherly
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/1896/1/Abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/1896/2/Bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/1896/3/Bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/1896/4/Bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/1896/5/Bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/1896/6/Bab%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/1896/7/Lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/1896/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menekankan pada analisis tujuan perancangan bukan menguji hipotesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem penjualan kamar hotel yang dapat meningkatkan pengendalian internal dan untuk menganalisis dan merancang Standard Operating Procedure atas siklus penjualan dalam rangka meningkatkan pengendalian internal pada Hotel. Obyek penelitian ini adalah Hotel Sunari yang berada di daerah Bali Utara. Hotel Sunari telah memiliki Standard Operating Procedure (SOP) namun masih terdapat bagian yang memiliki kelemahan dan diperlukan penambahan di dalamnya. SOP yang ditambahkan terkait pada siklus penjualan kamar hotel. Kelemahan dan kekurangan dari siklus penjualan kamar seperti: (1) dokumen yang tidak bernomor urut; (2) perangkapan tugas; (3) kurangnya pengamanan aset; (4) sistem pembayaran yang kurang efektif. Penelitian ini menghasilkan usulan perbaikan pada flowchart, dokumen, dan rancangan Standard Operating Procedure dalam rangka meningkatkan pengendalian internal perusahaan. Adanya SOP dapat menjadi pedoman dalam melakukan kegiatan operasional sehingga siklus penjualan kamar pada Hotel Sunari dapat berjalan dengan baik.