Daftar Isi:
  • maju saat ini, e-commerce sudah menjadi hal yang umum digunakan oleh masyarakat. Perkembangan teknologi semakin maju membuat seseorang memiliki perubahan dalam berbelanja dari berbelanja offline dan saat ini berubah menjadi online dengan kemudahan yang diberikan sehingga pengguna e-commerce terus mengalami peningkatan yang cukup pesat. Banyaknya peritel yang melakukan perdagangan online. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh subjective norms, personal innovativeness, dan perceived enjoyment terhadap intention to use. Penelitian ini merupakan penelitian kausal. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan cara purposive sampling. Obyek dari penelitian ini yaitu konsumen yang berminat untuk menggunakan Alfacart di Surabaya dengan sampel yang digunakan sebesar 120 responden. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model yang dibantu dengan menggunakan program Lisrel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjective norm berpengaruh signifikan terhadap perceived enjoyment, subjective norm berpengaruh signifikan terhadap intention to use, personal innovativeness berpengaruh signifikan terhadap perceived enjoyment, personal innovativeness berpengaruh signifikan terhadap intention to use, perceived enjoyment berpengaruh signifikan terhadap intention to use pada Alfacart di Surabaya.