Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena ingin mengetahui motif remaja Surabaya menonton program acara Netijen di Trans TV yang dikarenakan adanya terjadi suatu fenomena pada tayangan program ini dengan penontonnya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori indikator motif milik Mc Quail yaitu motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, dan motif hiburan. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai alat bantu pengumpulan data pada penelitian ini yang akan disebarkan ke 100 responden remaja yang berada di kota Surabaya yang berusia 12-22 tahun yang meliputi tingkat pendidikan dari SMP, SMA/SMK, Diploma, dan Sarjana dan pernah menonton program acara Netijen di Trans TV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa terjadi adanya pembentukan identitas pribadi dalam penggunaan media sosial pada penonton remaja yang menonton program acara Netijen di Trans TV. Hal ini akan menjadi pengaruh dengan motif indikator lainnya.