Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang status sosial di masyarakat, salah satunya dalam perkuliahan. Tuntutan akademik yang harus dihadapi mahasiswa cenderung menjadi salah satu penyebab stres mahasiswa. Stres yang berasal dari hambatan akademik yang dialami mahasiswa disebut dengan istilah stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) yang bekerja part-time. Partisipan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa UKWMS semester 1 hingga semester 7 dan memiliki pekerjaan part-time (N=117). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental purposive sampling. Hasil analisis skala Stres Akademik dengan total 18 aitem sahih, α = 0.836 dan skala Hardiness dengan total 19 aitem sahih, α = 0.828. Analisis korelasi menunjukan hubungan negatif yang signifikan antara hardiness dengan stres akademik dengan nilai koefisien -0.646 dengan Sig = 0.000 (p < 0.05). Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa UKWMS yang bekerja part time. semakin tinggi hardiness, semakin rendah stres akademik yang didapat. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi mahasiswa, Universitas, maupun referensi pendukung bagi penelitian selanjutnya.