Pengembangan perangkat pembelajaran fisika pokok bahasan suhu dan kalor dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik

Main Author: Samapoupou, Junita Veronika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/18406/1/abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/18406/2/BAB%20I.pdf
http://repository.wima.ac.id/18406/3/BAB%20II.pdf
http://repository.wima.ac.id/18406/4/BAB%20III.pdf
http://repository.wima.ac.id/18406/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.wima.ac.id/18406/6/BAB%20V.pdf
http://repository.wima.ac.id/18406/8/lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/18406/
Daftar Isi:
  • Pada proses belajar mengajar di banyak sekolah sering dijumpai peserta didik masih mengalami kesulitan untuk belajar fisika. Hal ini terutama disebabkan oleh ketidak tersediaan perangkat pembelajaran yang lengkap dan memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika dengan pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Secara lebih spesifik, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dipilih sebagai basis untuk pengembangan perangkat pembelajaran dan SMA Santo Carolus Surabaya dipilih sebagai sekolah untuk melakukan uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Sebagai indikator keberhasilan ditetapkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan harus memperoleh skor minimal 3.0 (dari skor maksimum 4), menghasilkan keaktifan peserta didik minimal 75 % dan menghasilkan gain skor minimal dalam kategori sedang. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Buku Ajar (BA) dan Rencana Evaluasi (RE) secara berurutan memperoleh skor 3,33, 3,46, 3,47, 3,43, dan 3,29. Setelah diuji cobakan diperoleh keaktifan peserta didik rata-rata 87,9% dan gain skor sebesar 0,77 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian penelitian pengembangan perangkat pembelajaran fisika berhasil terlaksana dengan baik.