Daftar Isi:
  • Media sosial merupakan sebuah perkembangan dari teknologi-teknologi yang seiring perkembangan jaman mampu memberikan kemudahan pagi penggunanya dalam mengakses. Media sosial memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, mengirim foto, mengirim video bahkan media sosial mampu melakukan semua kegiatan tersebut secara bersamaan sekaligus. Tetapi dalam pemilihan media sosial tentunya pengguna yang satu dan lainnya pasti meiliki dorongan atau motif untuk menggunakan sosial media yang berbeda-beda. Landasan teori pada penelitian ini adalah Teori Uses and Gratifications yang peneliti gunakan untuk meilhat motif dari penggunaan media sosial tertentu. Pada penelitian ini peneliti hanya berfokus pada motif penggunaan sosial media instagram remaja Surabaya. Terdapat sepuluh indikator yang peneliti gunakan untuk mengetahu motif tiap pengguna sosial media instagram. Pada penelitian ini, metode yang peneliti gunakan adalah survey dengan menggunakan instrumen kuesioner yang akan peneliti sebarkan secara accidental sampeling. Berdasarkan hasil temuan data dan analisis, peneliti mendapatkan bahwa motif terbesar dari remaja Surabaya menggunakan sosial media instagram adalah motif information seeking (pencarian informasi), setelah itu diikuti oleh motif pass time (mengisi waktu luang) dan motif relaxation (relaksasi).