Pengaruh celebrity endorsement (Chelsea Islan), product quality dan price melalui brand image terhadap purchase intention pada konsumen smartphone oppo di Surabaya

Main Author: Yuniar, Hanna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/17212/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.wima.ac.id/17212/2/BAB%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/17212/3/BAB%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/17212/4/BAB%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/17212/5/BAB%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/17212/6/BAB%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/17212/7/LAMPIRAN.pdf
http://repository.wima.ac.id/17212/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorsement Chelsea Islan, Product Quality, dan Price terhadap Purchase Intention melalui Brand Image pada konsumen Smartphone Oppo di Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling) dengan program LISREL. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 180 responden. Karakteristik sampel dalam penelitian ini yaitu, berusia 17-50 tahun, berdomisili di kota Surabaya, pernah melihat iklan smartphone Oppo dengan menggunakan Chelsea Islan sebagai celebrity endorsement, mengetahui pesaing smartphone Oppo, dan berniat membeli smartphone Oppo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif antara Celebrity Endorsement, Product Quality, dan Price terhadap Brand Image, dan terdapat pengaruh signifikan dan positif antara Celebrity Endorsement, Product Quality, dan Price terhadap Purchase Intention melalui Brand Image. Dalam penelitian ini terdapat saran praktis dan saran akademis. Saran praktis bagi variabel celebrity endorsement sebagai model iklan sebaiknya selebriti yang digunakan memiliki keahlian teknologi informasi dan komunikasi. Bagi variabel product quality dapat menambahkan lagi spesifikasi pada produknya dan mendesainnya senyaman mungkin untuk digunakan oleh konsumen. Bagi variabel price sebaiknya perusahaan smartphone Oppo menetapkan harga pada produknya yang dapat dijangkau atau dibeli oleh konsumennya. Bagi variabel brand image sebaiknya lebih sering mengiklankan produknya dengan menggunakan media yang sudah ada atau dengan media baru. Bagi variabel purchase intention sebaiknya perusahaan smartphone Oppo dapat tetap menjaga kepercayaan dari setiap konsumennya. Sedangkan saran akademis bagi para peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan lebih banyak variabel seperti brand trust, brand loyalty, dan brand satisfaction.