Studi kepuasan pasien terhadap pelayanan di Poli Puskesmas Mulyorejo Surabaya
Main Author: | Rosita, Veronika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/16891/1/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/16891/2/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/16891/3/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/16891/4/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/16891/5/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/16891/6/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/16891/8/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/16891/ |
Daftar Isi:
- Kepuasan merupakan keadaan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan pasien dapat dipenuhi melalui produk/ jasa yang dikonsumsi serta sebagai indikator kualitas pelayanan yang diberikan dan modal untuk mendapat lebih banyak pasien serta loyalitas pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kepuasan pasien berdasarkan 5 aspek service quality yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty terhadap pelayanan di Poli Puskesmas Mulyorejo Surabaya pada bulan Oktober-November tahun 2018. Penelitian ini dilakukan dengan metode cross-sectional. Data yang diperoleh berupa hasil kuesioner selama bulan Oktober 2018 – November 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasaan responden di Poli Kesehatan Ibu dan Anak pada kelima dimensi pelayanan yaitu tangible 88%, reliability 84,37%, responsiveness 100%, assurance 85%, dan emphaty 80% termasuk dalam kategori puas. Pada Poli Gigi untuk kelima dimensi pelayanan yaitu tangible 85,07%, reliability 85,33%, responsiveness 85,33%, assurance 84%, dan emphaty 81% termasuk dalam kategori puas. Pada Poli Kesehatan Tradisional untuk kelima dimensi pelayanan yaitu tangible 77,33%, reliability 80%, responsiveness 80%, assurance 86,70%, dan emphaty 85% termasuk dalam kategori puas. Pada Poli Umum untuk kelima dimensi pelayanan yaitu tangible 80,28%, reliability 83,21%, responsiveness 80,63%, assurance 85,23%, dan emphaty 77,85% termasuk dalam kategori puas. Pada Poli Pre Eklampsia untuk kelima dimensi pelayanan yaitu tangible 82,37%, reliability 85%, responsiveness 82,74%, assurance 85,18%, dan emphaty 81,66% termasuk dalam kategori puas. Kesimpulan Secara keseluruhan pasien sudah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Poli Puskesmas Mulyorejo Surabaya yang ditunjukkan oleh skor rata-rata seluruh dimensi yaitu dengan persentase lebih dari 75%.