Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran untuk melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAK St.Stanislaus Surabaya yang menghasilkan perangkat pembelajaran berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Rencana Evaluasi yang telah melewati uji ahli dan telah diujicobakan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Merry Go Round dengan model pengembangan 4-D Thiagarajan, Sammel dan Sammel (1947) yang meliputi define, design, development, disseminate. Model pengembangan dalam penelitian ini telah direduksi menjadi 3-D. Kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: 1.) perangkat pembelajaran valid, praktis, efektif dan keterlaksanaan RPP dengan skor 3,93 dan dalam kategori “sangat baik”. Hasil validasi memberikan skor 3,75 dengan kategori “sangat valid” untuk silabus, 3,56 dengan kategori “sangat valid” untuk RPP, 3,56 dengan kategori “sangat valid” untuk buku ajar, 3,64 dengan kategori “sangat valid” untuk LKPD dan 3,71 dengan kategori “sangat valid” untuk RE. 2) keaktifan peserta didik dengan skor 34,21 dengan kategori “sangat aktif”, hasil belajar berdasarkan N-Gain yaitu 0,45 dengan kategori “sedang”. Perangkat pembelajaran ini diujicobakan pada kelas X-MIPA. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran mampu melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik SMAK St.Stanislaus Surabaya.