Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 07 Surabaya
Main Author: | Salakopa, Hendrikus Marno |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/16885/1/Abstrak.pdf http://repository.wima.ac.id/16885/2/BAB%20I.pdf http://repository.wima.ac.id/16885/3/BAB%20II.pdf http://repository.wima.ac.id/16885/4/BAB%20III.pdf http://repository.wima.ac.id/16885/5/BAB%20IV.pdf http://repository.wima.ac.id/16885/6/BAB%20V.pdf http://repository.wima.ac.id/16885/7/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/16885/ |
Daftar Isi:
- Telah dilaksanakan penelitian untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe TPS pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAN 07 Surabaya yang menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Ajar (BA), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Lembar Kerja Guru (LKG) dan Rencana Evaluasi (RE) yang telah melewati uji ahli dan telah diuji cobakan di kelas. Perangkat pembelajaran ini diujicobakan pada 38 peserta didik di SMAN 07 Surabaya kelas XI MIPA 3. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi syarat kevalidan dengan kategori baik. Dalama penelitian ini perangkat pembelajaran telah dapat diimplementasikan dengan baik. Keterlaksanaan RPP adalah 95,75% menunjukkan proses belajar mengajar terlaksana sangat baik sesuai dengan yang direncanakan. Peningkatan hasil belajar sangat signifikan dengan N-Gain Score 0,77. Persentase respon peserta didik terhadap TPS adalah 68,55% menunjukkaan adanya respon positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 3 di SMAN 07 Surabaya pada pokok bahasan suhu dan kalor.