Pengembangan perangkat pembelajaran model discovery learning berbantuan Physics Education And Technology (PhET) pada pokok bahasan teori kinetik gas untuk melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Hang Tuah 1 Surabaya kelas XI MIA A

Main Author: Kolifah, Ellysia Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/16881/39/ABSTRAK.pdf
http://repository.wima.ac.id/16881/2/BAB%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/16881/3/BAB%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/16881/4/BAB%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/16881/5/BAB%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/16881/6/BAB%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/16881/7/LAMPIRAN.pdf
http://repository.wima.ac.id/16881/
Daftar Isi:
  • Perangkat pembelajaran merupakan persiapan yang dibuat guru sebelum mengajar, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Dalam penelitian ini, telah dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran model Discovery Learning pada pokok bahasan teori kinetik gas untuk melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Ajar (BA), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), jawaban LKPD, dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran ini diujicobakan pada peserta didik SMA Hang Tuah 1 Surabaya kelas XI MIA A sebanyak 31 peserta didik. Hasil dari validasi perangkat pembelajaran telah memenuhi syarat kevalidan dengan katergori “sangat valid” untuk silabus, RPP, dengan kategori “valid” untuk Buku Ajar dan RE. Penelitian yang dilakukan telah memenuhi indikator keberhasilan dengan rincian keterlaksanaan RPP 3,3 dengan kategori “baik”, keterampilan proses sains 3,28 dengan kategori “baik”, peningkatan hasil belajar dengan N-Gain Score 0,63 dengan kategori “sedang”, dan persentase respon peserta didik 85,14% dengan kategori “respon positif”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model Discovery Learning berbantuan PhET pada pokok bahasan teori kinetik gas dapat melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.