Motif masyarakat Surabaya menonton sinetron "Orang Ketiga" di SCTV
Main Author: | Gunawan, Giancinta Kristantiningsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/16713/85/abstrak%20fixx_3.pdf http://repository.wima.ac.id/16713/43/bab%20I.pdf http://repository.wima.ac.id/16713/45/bab%20II.pdf http://repository.wima.ac.id/16713/46/Bab%20III.pdf http://repository.wima.ac.id/16713/47/bab%20IV.pdf http://repository.wima.ac.id/16713/48/BAB%20V.pdf http://repository.wima.ac.id/16713/49/Lampiran.pdf http://repository.wima.ac.id/16713/ |
Daftar Isi:
- Uses and Gratification adalah pola komunikasi media massa di mana manusia menggunakan media untuk alasan tertentu dan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Maka itu media terus bersaing dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan audiens. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif masyarakat Surabaya menonton sinetron “Orang Ketiga” di SCTV. Peneliti menggunakan indikator motif penonton milik Greenberg & Woods yaitu motif pelarian, motif pembelajaran sosial, motif keseruan sosial dan motif kebiasaan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan kuisioner sebagai alat untuk mengumpulkan data yang kemudian disebarkan ke 98 masyarakat Surabaya yang berusia 20-29 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan format deskriptif. Pada penelitian ini motif tertinggi masyarakat Surabaya menonton sinetron “Orang Ketiga” di SCTV adalah pembelajaran sosial, sebaliknya motif terendah adalah pelarian.