Daftar Isi:
  • Teori uses and gratification berasumsi bahwa pengguna media memiliki otonomi atau wewenang dalam memperlakukan media. Pengguna media atau khalayak berperan secara aktif dalam memilih media yang akan dikonsumsi. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui motif penonton Surabaya dalam menonton program Indonesia Bagus – NET. TV. Peneliti menggunakan indikator motif seseorang menonton televisi sebagaimana yang dikemukakan oleh Conway dan Rubin. Adapun motif-motif tersebut adalah motif Pass Time, Entertainment, Information, Escape, Relaxation, dan Status-Enhancement. Pada penelitian ini peneliti menggunakan alat bantu berupa kuesioner untuk mengumpulkan data yang akan disebarkan pada 100 penonton Surabaya dengan usia 15-49 tahun yang menonton program Indonesia Bagus – NET. TV sebanyak minimal 2 kali dalam 2 bulan terakhir. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif. Pada penelitian ini, ditemukan bahwa motif yang paling mendasari penonton Surabaya dalam menonton program Indonesia Bagus – NET. TV adalah motif Information. Sedangkan motif terendah pada penelitian ini adalah motif Escape.