Language Readability Levels of Reading Passages and Comprehension Levels of Exercises in Scaffolding English Coursebooks

Main Authors: Listianingsih, Lusiana, Harjanto, Ignatius
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Psikologi UBAYA , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/15760/7/4-Language_Readibility_rev.pdf
http://repository.wima.ac.id/15760/
Daftar Isi:
  • Bacaan dalam buku teks seharusnya mengandung bahasa (kata dan kalimat) yang dapat dimengerti siswa yang menggunakannya. Latihan yang menyertai bacaan juga seharusnya mengembangkan kemampuan siswa untuk memahami bacaan. Penelitian ini mengevaluasi tingkat keterpahaman bahasa dalam bacaan pada buku teks bahasa Inggris Scaffolding oleh siswa, dan seberapa besar latihan yang menyertai bacaan membantu pemahaman bacaan oleh siswa. Hasil evaluasi keterpahaman bahasa dalam bacaan menggunakan formula Flesch-Kincaid dan Fly menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan dalam bacaan di bawah tingkat siswa yang menggunakan buku teks tersebut. Hasil evaluasi latihan bacaan menggunakan Taksonomi Barrett menunjukkan bahwa sebagian besar latihan mengembangkan pemahaman literal dan reorganisasi, dengan sebagian kecil latihan mengembangkan pemahaman inferensial dan evaluasi.