Pengaruh shopping enjoyment tendency, positive affect, urge to purchase dan pre-shopping preparation tendency terhadap impulse buying pada Transmart Rungkut Surabaya

Main Author: Karman, Monica Natasha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/15456/38/ABSTRAK%20mnkr.pdf
http://repository.wima.ac.id/15456/1/BAB%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/15456/2/BAB%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/15456/3/BAB%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/15456/4/BAB%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/15456/5/BAB%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/15456/6/LAMPIRAN.pdf
http://repository.wima.ac.id/15456/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana shopping enjoyment tendency, positive affect, urge to purchase dan pre-shopping preparation tendency berpengaruh terhadap impulse buying. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 200 responden dengan menyebarkan kuesioner online yang di bagikan kepada pengunjung toko ritel Transmart Rungkut Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SEM dengan bantuan program LISREL 8.70. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel shopping enjoyment tendency memegang peranan yang besar bagi konsumen untuk melakukan impulse buying, dengan adanya perasaan senang saat proses berbelanja maka akan timbul mood positif yang membuat konsumen memiliki keinginan untuk menghargai dirinya sendiri, sehingga urge to purchase akan semakin kuat dan kemudian akan terjadi impulse buying. Variabel pre-shopping preparation tendency berpengaruh negatif terhadap impulse buying, dengan persiapan pra-belanja yang dilakukan oleh konsumen maka tingkat impulse buying yang ada pada toko akan berkurang.