Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR disclosure) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014-2016

Main Author: Aristo, Manuel
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/15454/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.wima.ac.id/15454/2/BAB%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/15454/3/BAB%20II.pdf
http://repository.wima.ac.id/15454/4/BAB%20III.pdf
http://repository.wima.ac.id/15454/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.wima.ac.id/15454/42/BAB%20V.pdf
http://repository.wima.ac.id/15454/6/LAMPIRAN.pdf
http://repository.wima.ac.id/15454/
Daftar Isi:
  • Corporate Social Responsibility Disclosure merupakan suatu konsep yang membawa perusahaan untuk melaksanakan tanggung jawab sosialnya terhadap pihak eksternal, yaitu lingkungan dan masyarakat. Tanggung jawab sosial perusahaan merupakan pengambilan keputusan yang dikaitkan dengan nilai-nilai etika, pemenuhan kaidah-kaidah dan keputusan hukum serta menghargai manusia, masyarakat maupun lingkungan. Tanggung jawab sosial perusahaan dimaksudkan untuk mendorong dunia usaha lebih etis dalam melakukan aktivitasnya agar tidak berdampak buruk pada masyarakat dan lingkungan sekitar. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 karakteristik perusahaan, yaitu: ukuran dewan komisaris, profitabilitas, leverage, dan partumbuhan perusahaan. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2014-2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 90 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam periode 2014-2016. Sumber data dalam penelitian ini adalah laporan tahunan dan laporan keuangan pada periode 2014-2016. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Sedangkan ukuran dewan komisaris, leverage, dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure.