Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi
Main Author: | Sleiter, Namira |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/15225/1/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/15225/2/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/15225/3/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/15225/4/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/15225/5/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/15225/43/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/15225/7/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/15225/ |
Daftar Isi:
- Pertumbuhan perekonomian di Indonesia yang mengalami perkembangan pesat menyebabkan persaingan di bidang bisnis cukup ketat sehingga menuntut perusahaan untuk menjadi unggul dan berdaya saing. Akibatnya, banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memaksimalkan keuntungan yang diperolehnya. Peningkatan profitabilitas sendiri diikuti oleh banyaknya item pengungkapan CSR karena selain memperoleh keuntungan (profit), perusahaan juga harus memperhatikan dan terlibat pada pemenuhan kesejahteraan masyarakat (people), serta turut berkontribusi aktif menjaga kelestarian lingkungan (Planet) dengan melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility dan mengungkapkannya. Hal ini dikarenakan, pengungkapan CSR dapat memperkuat sinyal positif dari perusahaan pada para stakeholdernya yang merupakan para investor bahwa perusahaan memiliki nilai yang tinggi. Sehingga, investor yakin bahwa perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik dan memiliki prospek bagus untuk kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan CSR sebagai variabel moderasi. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian-penelitian terdahulu adalah penggunaan Price to Book Value (PBV) untuk mengukur nilai perusahaan. Desain penelitian ini adalah pengujian hipotesis dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data pada penelitian ini adalah data sekunder, yang berasal dari laporan tahunan perusahaan manufaktur terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2014-2016. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pengungkapan CSR sebagai variabel moderasi pada hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan