Pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan impuls dan momentum

Main Author: Habun, Gerda Yestima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/15041/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.wima.ac.id/15041/2/BAB%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/15041/3/BAB%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/15041/4/BAB%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/15041/5/BAB%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/15041/6/BAB%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/15041/7/LAMPIRAN.pdf
http://repository.wima.ac.id/15041/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang baik dengan menggunakan model kooperatif tipe snowball throwing. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa beserta jawabannya, dan Rencana Evaluasi. Model pengembangan yang digunakan yaitu 4-D (define, design, development, dan disseminate). Perangkat pembelajaran ini telah diujicobakan kepada 29 siswa kelas X SMAK St. Agnes Surabaya. Data hasil validasi menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memiliki kategori sangat valid dengan skor 3,71; buku siswa memiliki kategori sangat valid dengan skor 3,62; lembar kegiatan siswa memiliki kategori sangat valid dengan skor 3,71; rencana evaluasi memiliki kategori sangat valid dengan skor 3,78. Keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran menunjukkan rata-rata skor 3,57 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata skor N-gain 0,63. Rata-rata respon siswa terhadap pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan tipe snowball throwing sebesar 70,79%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.