Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk pada pokok bahasan usaha dan energi meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Santo Carolus Surabaya

Main Author: Sinaga, Debora
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/15034/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.wima.ac.id/15034/2/Bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/15034/3/Bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/15034/4/Bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/15034/5/Bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/15034/6/Bab%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/15034/7/LAMPIRAN.pdf
http://repository.wima.ac.id/15034/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas X IPA SMA X IPA 2 SMA Santo Carolus Surabaya diperoleh informasi bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa masih rendah. Pada saat proses pembelajaran berlangsung banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru. Keaktifan siswa di kelas hanya 27,6% dan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 27,6 %. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan usaha dan energi. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam kerangka penelitian tindakan kelas (PTK). Indikator keberhasilan penelitian ditetapkan minimal 75% siswa aktif mengikuti kegiatan pembelajaran; ketuntasan hasil belajar siswa minimal 75%; dan keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick minimal 80%. Untuk mencapai indikator keberhasilan, PTK perlu dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus. Pada akhir siklus I keaktifan siswa mencapai 58,6%; ketuntasan hasil belajar siswa 62%, serta keterlaksanaan RPP mencapai 83%. Pada akhir siklus II, keaktifan siswa mencapai 79,3%; ketuntasan hasil belajar siswa 82,7%; dan keterlaksanaan RPP mencapai 90,3%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa PTK yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada pokok bahasan usaha dan energi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Santo Carolus Surabaya.