Daftar Isi:
  • Penelitian ini berfokus pada apa motif remaja Surabaya dalam menonton tayangan program sitcom The East NET TV. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratification (kegunaan dan kepuasan). Menurut teori audience dianggap secara aktif dalam menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Sehingga sebuah media terus melakukan cara untuk menarik perhatian dan minat audience. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa motif remaja Surabaya dalam menonton tayangan program sitcom The East NET TV. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tiga indikator motif yang dikemukakan oleh Herta Herzog yaitu, motif pelepasan emosi, motif berangan-angan, dan motif pembelajaran sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode survei. Informasi yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada penonton program sitcom The East NET TV yang berusia 15-21 tahun. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa motif tertinggi remaja Surabaya dalam menonton program sitcom The East NET TV adalah motif pembelajaran sosial.