Motif masyarakat Surabaya dalam mengakses media online www.emosijiwaku.com
Main Author: | Sukamto, Siti Junewati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/14863/1/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/14863/2/BAB%20I.pdf http://repository.wima.ac.id/14863/3/BAB%20II.pdf http://repository.wima.ac.id/14863/4/BAB%20III.pdf http://repository.wima.ac.id/14863/5/BAB%20IV.pdf http://repository.wima.ac.id/14863/6/BAB%20V.pdf http://repository.wima.ac.id/14863/7/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/14863/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa motif masyarakat Surabaya dalam mengakses media online emosijiwaku.com. Media online emosijiwaku.com memiliki 10 kanal yang aktif yakni, home, berita, event (kompetisi internal, obituari, persebaya junior, radio AB1927, resensi buku, sisi lapangan dan surat redaksi), bonek, EJ Sharing, foto, kartun, jadwal dan hasil, EJ member, more (Id Bonita, sejarah, streaming radio AB1927). Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications karena adanya dorongan dari dalam diri atau motif masyarakat Surabaya untuk memenuhi kebutuhannya. Kategori motif seseorang dalam menggunakan media internet seperti yang dikemukakan oleh Papacharissi dan Rubin adalah motif utility (motif kegunaan), motif passing time (motif menghabiskan waktu), motif seeking information (motif mencari informasi), motif convenience (motif kenyamanan), dan motif entertainment (motif hiburan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan metode penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan motif masyarakat Surabaya dalam mengakses media online emosijiwaku.com adalah motif utility (motif kegunaan), motif passing time (motif menghabiskan waktu), motif seeking information (motif mencari informasi), motif convenience (motif kenyamanan), dan motif entertainment (motif hiburan).