Sikap remaja Surabaya mengenai iklan rokok melalui media luar ruang di lingkungan sekolah
Main Author: | Sutikno, Monica |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/14811/64/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/14811/2/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/14811/37/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/14811/38/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/14811/40/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/14811/39/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/14811/41/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/14811/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap remaja Surabaya mengenai iklan rokok melalui media luar ruang di lingkungan sekolah. Alasan penelitian ini dilakukan karena banyak sekali remaja yang mulai merokok di usia remaja, disisi lain iklan rokok memiliki segmentasi untuk menyasar remaja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Komunikasi Lasswell , yang mengatakan bahwa cara terbaik untuk menerangkan proses komunikasi adalah menggunakan model ini. Efek yang didapat dari model ini salah satunya adalah sikap berupa sikap positif atau sikap negatif. Pemilihan lokasi berdasarkan data yang diperoleh, menunjukkan bahwa banyak iklan rokok berada kurang dari 10 meter di lingkungan sekolah. Sikap diukur melalui beberapa elemen iklan yaitu kata-kata yang terlihat, gambar dan warna. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sikap remaja Surabaya memiliki kecenderungan yang negatif, sehingga responden cenderung tidak menyukai iklan rokok melalui media luar ruang.