Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan listrik dinamis di kelas X-2 SMA 1 Tambakrejo Bojonegoro [CD-ROM]

Main Author: Wuryani, Lilik
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Teacher Training and Education , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/148/1/Abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/148/2/Bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/148/3/Bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/148/4/Bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/148/5/Bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/148/6/Bab%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/148/7/Lampiran.pdf
http://repository.wima.ac.id/148/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan di SMAN 1 Tambakrejo Bojonegoro kelas X-2, diketahui bahwa keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pelajaran fisika masih rendah. Prosentase keaktifan adalah sebesar 21%, sedangkan nilai ulangan siswa yang memenuhi SKM hanya 31% dengan nilai rata-rata kelas adalah 61. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD). Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Pada siklus I, prosentase keaktifannya adalah 41%, sedangkan nilai rata-rata kelas yaitu 64 dengan prosentase ketuntasan 48%. Pada siklus II, prosentase keaktifannnya meningkat menjadi 52% dan nilai rata-rata kelas menjadi 72 dengan prosentase ketuntasan 62%. Pada siklus III, prosentase keaktifannnya meningkat menjadi 83% dan nilai rata-rata kelas menjadi 77 dengan prosentase ketuntasan 83%. Sementara untuk keterlaksanaan RPP secara keseluruhan dapat dikategorikan baik dengan skor keterlaksanaan masing-masing adalah RPP 1 (2,9), RPP 2 (3,6), dan RPP 3 (3,9). Kata kunci: STAD, Listrik Dinamis, keaktifan siswa, prestasi belajar