Gambaran keterlibatan orangtua terhadap kemajuan belajar pada anak usia dini yang mengalami down syndrome
Main Author: | Nggumba, Matilde Adelberta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/14747/1/ABSTRAK.pdf http://repository.wima.ac.id/14747/2/BAB%20I.pdf http://repository.wima.ac.id/14747/3/BAB%20II.pdf http://repository.wima.ac.id/14747/4/BAB%20III.pdf http://repository.wima.ac.id/14747/5/BAB%20IV.pdf http://repository.wima.ac.id/14747/6/BAB%20V.pdf http://repository.wima.ac.id/14747/7/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/14747/ |
Daftar Isi:
- Keterlibatan orangtua adalah investasi orangtua dalam pendidikan anak dari berbagai sumber dengan memberikan kontribusi yang positif. Keterlibatan orangtua sangat dibutuhkan bagi semua anak, karena dengan dukungan dari orangtua maka akan berpengaruh positif atau berdampak baik bagi pendidikan anak, terutama bagi anak berkebutuhan khusus seperti down syndrome. Keterlibatan orangtua terdiri dari enak aspek yakni Pendidikan Orangtua, Komunikasi, Sukarelawan, Pembelajaran di rumah, Membuat keputusan, Bekerjasama dengan komunitas masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran keterlibatan orangtua terhadap kemajuan belajar pada anak down syndrome. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi serta menggunakan teknik wawancara. Penelitian dilaksanakan pada 2 informan yang berstatus sebagai salah satu orangtua (ibu) dari anak down syndrome. Hasil penelitian mengenai gambaran gambaran keterlibatan orangtua terhadap kemajuan belajar pada anak down syndrome menunjukkan, keterlibatan orangtua memberikan dampak kemajuan belajar pada anak down syndrome. Dampak kemajuan belajar tersebut terlihat dari perkembangan motorik, perkembangan kognitif dan sosio-emosional yang dialami oleh anak dari kedua informan.