Daftar Isi:
  • Christian Budi Santoso NRP. 1423014106. Motif pembaca Suplemen Khusus Persebaya di Koran Jawa Pos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motif pembaca Suplemen Khusus Persebaya di Koran Jawa Pos. Jawa Pos merupakan harian terbesar di Jawa Timur, dan merupakan salah satu harian dengan oplah terbesar di Indonesia. Jawa Pos didirikan oleh The Chung Shen pada 1 Juli 1949 dengan nama Djava-Post, dan tanggal 7 Februari 2017 Jawa Pos membeli saham Persebaya sebanyak 70% untuk memperluas segmetasi pembaca. Penelitian ini untuk mencari motif pembaca Suplemen Khusus Persebaya di Koran Jawa Pos. Dalam melihat motif tersebut diukur melalui indikator milik McQuail yakni Motif Informasi, Motif Identitas Pribadi, Motif Interaksi dan Integritas Sosial, Motif Hiburan. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Penelitian ini menjelaskan tentang khalayak pada dasarnya menggunakan media massa berdasarkan motif-motif kebutuhan tertentu menurut teori Elihu Katz, Jay G.Blummer, dan Michael Gurevitch. Hasil dari penelitian ini menunjukan Motif pembaca Suplemen Khusus Persebaya di Koran Jawa Pos adalah motif identitas pribadi.